8 Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahajud

Sholat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah seseorang bangun dari tidur. Ibadah ini termasuk sunnah ke dalam mu’akad. Yaitu sunnah yang dikuatkan dengan syara’. Waktu yang paling mustajab untuk melakukan shalat tahajud ini adalah 1/3 malam. Banyak orang mengatakan bahwa sholat tahajud diyakini memberi ketenangan dan kedamaian jiwa. Umum nya seseorang yang terbiasa bangun untuk melakukan sholat di tengah malam akan lebih mampu mengontrol emosi nya.

Berikut keistimewaan dari shalat tahajud:

  • Penghapus dosa dan mencegah berbuat dosa

Bisa dibilang sholat tahajud mampu menjadi media penghapus dosa seorang hamba. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa sholat malam adalah ibadah yang sering dilakukan oleh orang-orang shaleh.

  • Tanda takwanya terlihat di muka

Keistimewaan yang ini adalah adanya tanda takwa di muka seseorang. Mereka yang melakukan tahajud akan memiliki wajah yang bersinar.

  • Melancarkan aliran darah di tubuh

Ibadah ini nyatanya tak hanya sekedar berbagi keluh kesah. Namun memberikan udara segar bagi seluruh organ tubuh manusia. Atmosfer yang saat itu masih sangat segar dan dihirup oleh paru-paru. Oksigen segar akan menghilang ketika matahari terbit dan kembali pada pagi berikutnya. Hal ini lah yang tentu nya dapat dirasakan oleh mereka yang hanya terbangun untuk melakukan solat tahajud.

  • Jaminan masuk surga

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai manusia, sebarkan lah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, salat malam lah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

Jelas terlihat melalui sabda beliau bahwa orang-orang yang melakukan shalat malam memang dekat dengan surga.

  • Mendapat keringanan ketika di nasab di akhirat

Shalat malam adalah ajang untuk meminta ampun sebanyak-banyak nya kepada Allah SWT. Ketika seseorang memperoleh ampunan dan mendapati amal kebaikan yang jauh lebih banyak, maka surga ada untuk nya.

  • Pikiran jauh lebih segar
  • Memperoleh cinta Allah

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, bahwa orang yang selalu melaksanakan shalat tahajud akan memperoleh cinta dari Allah SWT. Dan sudah tentu Allah SWT mencintai umat nya yang soleh dan solehah.

  • Sholat yang paling afdol setelah sholat 5 waktu

Tahukah Anda bahwa sholat tahajud rupanya sholat yang paling afdol setelah sholat wajib nya manusia? Allah SWT berfirman:

“Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.” (QS : Al-Isro’ : 79).

 

Semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *