Bagaimana Hukum Sholat Jum’at Bagi seorang Wanita ?

Bagaimana Hukum Sholat Jum'at Bagi seorang Wanita

Sholat jum'at tidak diwajibkan bagi seorang wanita berdasarkan hadits :

"Sholat jum'at adalah hak yang wajib bagi setiap muslim, dengan berjama'ah, kecuali bagi empat orang, yaitu budak yang dimiliki, wanita, anak-anak dan orang yang sedang sakit." (Sunan Abu Dawud, no.1067)

Meskipun wanita tidak diwajibkan untuk mengerjakan sholat jum'at, tapi diperbolehkan bagi wanita untuk mengerjakan sholat jum'at. Beberapa hadits shohih meriwayatkan bahwa pada zaman nabi para wanita juga ikut sholat jum'at dengan menempati shof (barisan) dibelakang para lelaki dimasjid beliau.

Diperbolehkannya sholat jum'at bagi wanita apabila hal tersebut tidak menimbulkan fitnah, apabila menimbulkan fitnah, maka wanita dilarang mengikuti sholat jum'at, dalam kitab "Al-Majmu'" Imam Nawawi menukil pendapat Syekh Al-Bandaniji yang menyatakan bahwa disunatkan bagi wanita yang sudah tua untuk mengikuti sholat jum'at, sedangkan bagi wanita yang masih muda dimakruhkan untuk mengikuti sholat jum'at bersama para pria. Karena pada umumnya wanita yang masih muda, apalagi masih suka berdandan dan banyak tingkahnya itulah yang seringkali menimbulkan fitnah.

 Hanya saja, wanita yang ikut sholat jum'at tidak dapat menyempurnakan salah satu syaratnya sholat jum'at yang diharuskan jumlah jama'ahnya harus terdiri dari 40 orang. Namun apabila seorang wanita sudah mengikuti sholat jum'at, maka sholat dhuhurnya sudah gugur, artinya ia sudah tidak wajib mengerjakan sholat dhuhur lagi.

Imam Ibnul Mundzir dalam kitab beliau, "Al-Ijma'" menjelaskan, semua ulama' sepakat bahwa wanita tidak wajib mengikuti sholat jum'at, dan apabila ia mengikuti sholat jum'at, maka sholat jum'at yang ia kerjakan sudah mencukupinya (sah dan sholat dhuhurnya sudah gugur).

Kesimpulannya, diperbolehkan bagi wanita mengikuti sholat jum'at, selama tidak dikhawatirkan menimbulkan fitnah, dan apabila ia telah mengerjakan  sholat jum'at, maka ia tidak perlu lagi mengerjakan sholat dhuhur, namun kehadirannya dalam sholat jum'at tidak bisa menggenapi hitungan 40 orang yang ditentukan sebagai syaratnya sholat jum'ar. Wallohu a'lam.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *