Fakta Menarik Tentang Suara Adzan

Berikut akan dibahas tentang Fakta Menarik Tentang Suara Adzan yang mungkin saja bisa menambah wawasan Anda, terutama bagi Anda yang berkeyakinan sebagai seorang muslim. Oleh masyarakat umum berpendapat, adzan merupakan panggilan bagi para muslim untuk segera melaksanakan ibadah wajib yang diperintahkan oleh Tuhan.

Adalah 5 Fakta Menarik Tentang Suara Adzan yang akan membuat Anda kagum, tercengang dan takjub atas kedahsyatan Tuhan Semesta Alam yang telah menurunkan kitab suci Al-Qur’an yang tidak dapat dipalsukan sebagai pedoman bagi para muslim yang ada di dunia ini.

Fakta #1 – Panggilan Untuk Beribadah Yang Mengandung Kekuatan Supranatural

Coba Anda perhatikan, ketika adzan berkumandang. Mayoritas kaum yang beragama Islam akan bergegas meninggalkan seluruh pekerjaan atau aktivitas duniawi dan menyegerakan diri untuk melakukan ibadah wajib di masjid secara berjamaah. Entah mereka sadar atau bahkan tidak, yang jelas kesadaran psikoreligius  dalam otak mereka akan mendadak bergetar dahsyat dan seolah-olah seperti terhubung secara simultan.

Fakta #2 – Ternyata Suara Adzan Tidak Pernah Berhenti Berkumandang

Satu hal menakjubkan dari suara adzan. Ternyata suara adzan terus berlangsung dan bergerak menuju arah barat dari kepulauan negara kita (Indonesia). Perhatikan saja perbedaan waktu yang terjadi pada tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia. Daerah yang terletak di bagian timur dan barat saja memiliki selisih waktu satu jam. Sebagai contoh suara adzan yang berada di Sulawesi, ketika suara adzan di Sulawesi berkumandang, maka satu jam setelah adzan di daerah tersebut selesai, akan berkumandang lagi suara adzan di daerah-daerah lainnya, Jakarta misalnya.

Anda bisa bayangkan berapa jumlah negara yang ada di bumi kita ini. Ketika suara adzan di Indonesia belum berhenti, di negara tetangga seperti Malaysia pun juga bergema suara adzan yang menandakan waktu beribadah bagi kaum muslim. Dan adzan belum berakhir di Malaysia, maka kumandang suara adzan akan bergema di Burma. Suara-suara adzan pada tiap-tiap negara dan daerah akan selalu berkumandang selama 24 jam tanpa henti dan inilah fakta menakjubkan yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Fakta #3 – Sejarah Dikumandangkannya Suara Adzan Yang Menakjubkan

Tidak banyak yang tahu dari mana asal muasal dikumandangkannya suara adzan. Satu fakta yang menarik untuk Anda ketahui tentang suara adzan adalah sejarah tentang dikumandangkannya suara adzan yang selama ini kita ketahui sebagai pertanda datangnya waktu beribadah bagi kaum muslim. Adalah Abdullah bin Zaid yang pernah dijumpai oleh seseorang dalam mimpinya. Ia bermimpi telah bertemu dengan seseorang yang kemudian memberitahu dirinya untuk mengumandangkan suara adzan dengan menyerukan lafadz-lafadz adzan seperti yang sering kita dengarkan hingga saat ini.

Mimpi yang didapati oleh Abdullah bin Zaid tadi kemudian disampaikan kepada Rasulullah SAW. Dan kemudian Rasulullah SAW bersabda, ”segala puji bagimu”  yang kemudian Rasulullah menyetujui untuk menggunakan lafadz-lafadz adzan tersebut untuk menyerukan panggilan beribadah bagi kaum muslim.

Fakta #4 – Suara Adzan Ternyata Sudah Milyaran Kali Berkumandang

Sejak pertama kalinya suara adzan dikumandangkan hingga sampai saat ini, mungkin sudah sekitar 1500 tahun lebih suara adzan terdengar di bumi kita ini. Dan ternyata bila kita hitung jumlahnya sudah milyaran kali. Bila dalam satu tahun terdiri dari 356 hari, maka 1500 tahun x 356 hari = 534.000. Bayangkan saja populasi manusia di tiap-tiap negara pada saat ini semakin berkembang. Bila kaum muslim saat ini jumlahnya 2 milyar orang, maka 534.000 x 2.000.000 = 1.068.000.000.000 kali suara adzan dikumandangkan. Perhitungan sebelumnya hanya perumpamaan, sebab pada kenyataannya total keseluruhan dari kaum muslim yang ada di dunia lebih dari 2 milyar, ditambah lagi dengan jumlah muadzin yang ada di dunia ini yang setiap harinya menyerukan kumandang adzan di masjid.

Fakta #5 – Suara Adzan Senantiasa Ada Di saat Terjadi Peristiwa-Peristiwa Penting

Adzan adalah lafadz-lafadz yang dikumandangkan sebagai tanda telah memasuki waktu shalat (beribadah) bagi kaum muslim. Adzan bukan hanya merupakan panggilan untuk beribadah. Suara adzan yang setiap hari kita dengar ternyata juga selalu terdengar di saat terjadinya peristiwa-peristiwa penting.

Sebagai contoh adalah ketika kekuasaan konstantinopel direbut oleh pasukan ottoman yang pada akhirnya mengakhiri kekaisaran Romawi Timur. Ketika prajurit ottoman berhasil menjatuhkan prajurit konstantinopel dan berhasil merebut kekuasaan, beberapa saat kemudian mereka mengumandangkan suara adzan disana sebagai wujud dari tanda kemenangannya.

Maha dahsyat lafadz-lafadz adzan yang setiap harinya berkumandang dan bergema di seluruh belahan dunia itu. Ternyata bila kita mencermati, bukan hanya sebuah media atau sarana supranatural seperti Mani Gajah, Bulu Perindu, Batu Mulia, Azimat & Rajah dan Tasbih Karomah saja yang memiliki fakta menarik untuk diulas. Adzan yang pada dasarnya merupakan seruan dari lafadz-lafadz yang dikumandangkan sebagai panggilan untuk beribadah juga memiliki fakta menarik untuk diulas.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *