Inilah Hukum Bila Mimpi Bersetubuh Tidak Keluar Mani

Inilah Hukum Bila Mimpi Bersetubuh Tidak Keluar Mani

Bagi lelaki yang sudah baligh pasti pernah mengalami kejadian yang satu ini. Mimpi basah atau mimpi bersetubuh sehingga ketika ia bangun akan mengalami basah di area Mr. P nya. Ketika hal tersebut terjadi maka secara otomatis ia wajib melakukan mandi junub untuk menyucikan diri dari hadas besar.

Sehubungan dengan soal mandi junub, di dalam hadits pendek yang terkenal yaitu “al-mau minal ma’I”  bahwa wajibnya mandi itu disebabkan karena keluar (air) mani. Bukan karena madzi, wadzi ataupun air kencing.

Secara prinsip diterangkan bahwa yang menyebabkan wajibnya mandi junub adalah keluar mani. Meskipun ada sebab lain semisal bersetubuh yang hanya mensyaratkan ilajul khasyafati fil farji (masuknya kepala dzakar ke dalam lubang Mis. V).

Sebagaimana diterangkan dalam hadits Rasulullah SAW :

“Apabila duduk seorang laki-laki diantara bagian perempuan yang empat, maksudnya: diantara dua tangannya dan dua kakinya, kemudian di sungguh kan nya (di jima’nya) maka sesungguhnya wajiblah atasnya mandi, walaupun ia tidak mengeluarkan mani.” (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)

Terjemahan hadits tersebut dengan jelas telah mengabarkan bahwasan nya diantara hal yang mewajibkan mandi adalah bersetubuh meskipun persetubuhan itu tidak sampai pada keluarnya air mani. Hal ini jelas berbeda dengan persetubuhan yang hanya terjadi di alam mimpi. Sesungguhnya hal tersebut (ilajul hasyafati fil farji dalam mimpi) tidak bisa dijadikan sebab wajibnya mandi, selama tidak keluar mani dalam dunia nyata.

Akan tetapi, apapun dalam mimpi yang menyebabkan keluar mani (dalam kehidupan nyata) maka wajib hukumnya mandi junub. Walaupun mimpinya bukan bersetubuh, misalkan mimpi berpelukan, berciuman ataupun bermesraan. Asalkan dalam dunia nyata terbukti mengeluarkan mani maka wajib hukumnya mandi junub atau madi besar. Demikian keterangan ini, semoga menjadi bermanfaat karena sekarang seringnya mengidentikkan mandi wajib dengan mimpi bersetubuh.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *