Inilah Menantu Idaman Khalifah Umar bin Khattab

kisah-Umar-Bin-Khattab

Pada masa kepemimpinan khalifah Umar Bin Khattab, beliau sangat terkenal sebagai pemimpin yang tegas, adil serta selalu memikirkan apa yang terjadi di masyarakatnya hingga setiap malam beliau tidak pernah tidur secara tenang, beliau selalu melakukan ronda malam dengan berkeliling ke seluruh kota dan pelosok desa.

Khalifah Umar Bin Khattab memang sangat terkenal dengan kegiatannya beronda pada malam hari di sekitar daerah kekuasaannya. Dari itu lah terdapat cerita menarik ketika beliau berjalan di pertengahan malam beliau mendengar dialog seorang anak perempuan dan ibunya, seorang penjual susu yang kehidupannya sangat miskin.

Kata ibu “Wahai anakku, segeralah kita tambah air dalam susu ini supaya terlihat banyak sebelum terbit matahari

Anaknya menjawab “Kita tidak boleh berbuat seperti itu ibu, Amirul Mukminin melarang kita berbuat begini

Si ibu masih mendesak “Tidak mengapa, Amirul Mukminin tidak akan tahu wahai anak ku”.

Balas si anak “Jika Amirul Mukminin tidak tahu, tapi Tuhan Amirul Mukminin tahu”.

Umar yang mendengarnya pun kemudian menangis. Di dalam hati nya berkata “Betapa mulianya hati anak gadis itu”.

Ketika pulang ke rumah, tanpa berfikir panjang, dengan segala keyakinannya Khalifah Umar bin Khattab menyuruh anak lelakinya, Asim untuk menikahi gadis itu.

Dan beliau berkata “Semoga lahir dari keturunan gadis ini bakal pemimpin Islam yang hebat kelak yang akan memimpin orang-orang Arab dan Ajam”.

Asim sebagai anak yang sangat patuh kepada ayah nya, ia segera melamar dan menikahi gadis miskin tersebut. Dan pada akhirnya dalam pernikahan mereka lahirlah seorang anak perempuan bernama Laila yang lebih dikenal dengan sebutan Ummu Asim. Ketika dewasa Ummu Asim menikah dengan Abdul-Aziz bin Marwan yang dan melahirkan Umar bin Abdul-Aziz.

Yang mana doa dari Umar bin Khattab pun terkabul yaitu dengan lahirnya Umar bin Abdul-Aziz sebagai pemimpin yang terkenal keadilan dan kezuhudannya.

Semoga kisah dari Umar diatas, dapat memberikan contoh terbaik untuk orang tua zaman sekarang, bahwa mencari menantu yang terbaik untuk anaknya bukanlah karena harta dan kemewahan. Namun melainkan karena ketaatannya kepada Allah SWT lah yang dapat memuliakan seseorang. Wallahu a’lam bisshawab.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *