Ternyata Ajaran Komunitas Eden Sesat, Benarkah ?

benarkah ajaran eden sesat

Mengenai perkumpulan Lia Eden atau yang lebih dikenal dengan komunitas Eden adalah salah satu dari beberapa komunitas yang mempercayai adanya Tuhan namun dikatakan sesat. MUI telah melarang perkumpulan salamullah (yang kini berubah nama menjadi Komunitas Eden) ini karena ajarannya yang sangat menyeleweng kebenaran mengenai Agama Islam. Ajaran yang dianut Lia Ede pun mempercayai Tuhan dan menganggap bahwa Tuhan hanya ada satu saja. komunitas mereka pun mengakui bahwa Nabi Muhammad merupakan Nabi terakhir. Namun, mereka juga percaya bahwa sosok kepercayaan seperti Buddha Gautama, Yesus Kristus, dan Kwan Im, dewi pembawa rahmat yang dipercaya orang Kong Hu Cu, akan muncul kembali ke dunia.

Ritual penyucian ketika hendak menganut komunitas ini adalah dengan mengakui semua kesalahannya selama di dunia. Entah itu adalah dosa terhadap Tuhan, manusia, atau pun hal-hal yang lain. Ritual penyucian ini pun dilakukan di tempat yang tertutup dan sempit. Setalah pengakuan terseut, Lia akan memberikan pesan moral dan menjanjikan surga bagi para pengikutnya.

Mayoritas dari pengikut Eden ini adalah seorang pelajar, dosen, pegawai, dan masyarakat  biasa yang awalnya beragama Islam dan menjalan syari’at Islam dengan taat. Sebagian dari mereka tinggal di markas Lia Eden. Sebagain lagi berada di rumah masing-masing.

Komunitas ini mencampurkan adukkan beberapa agama. Seperti Agama Islam, Hindu, Kristen. Mereka pun tetap melakukan semacam pengajian rutin yang mana Lia Eden akan memberikan wahyu yang ‘katanya’ berasal dari Jibril (Ruhul Kudus). Sosok yang dianggap Jibril ini sebenarnya adalah pemimpin rohaninya Habib Al-Huda yang membimbingnya. Pada tahun 1997, Habib Al-Huda ini mengaku sebagai Jibril dan sejak tahun itu pula, Lia Eden menerima wahyu-wahyu tersebut. Anehnya, komunitas ini menjadikan kitab suci Al-Qur’an sebagai referensi mereka.

Bahkan di kabarkan bahwa Lia Eden pun dapat meramalkan hari kiamat. Benarkah? Tidak ada yang tahu. Sebagai umat yang beragama. Terlebih menganut Agama Islam, munculnya orang-orang yang mengaku sebagai Rossul dan menyampaikan wahyu adalah salah satu ciri akan adanya hari kiamat? Wallahuallam. Hanya Allah saja yang mengetahuinya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *